Cara Menulis Dengan Baik


Profesi menulis sangat dihargai di sosial tetapi banyak orang yang belum tahu cara menulis khususnya kalangan remaja.

jika anda hebat dalam menulis anda akan dibayar untuk menulis. Banyak dari kita ingin jadi penulis tapi tidak tahu caranya, salah satu cara saya adalah dengan menulis di blog dan menulis setiap hari.

Tetapi terdapat hambatan dan kendala yang menggangu kita untuk menjadi menulis seperti tidak memiliki ide, mengira tidak bakat dalam menulis, tidak memiliki waktu dan tidak dapat menerima kritik.

Kebanyakan kendala kita adalah faktor internal seperti motivasi jika kita tidak memotivasi diri kita untuk menulis maka kita tidak akan menulis dengan baik dan kedua etos kerja kita harus memiliki etos kerja yang kuat agar bisa menulis dengan baik.

Kita dapat memulai menulis dengan pertanyaan "mengapa" dengan pertanyaan "mengapa" kita dapat lebih filosofis dan berhubungan dengan nilai visi dan misi hidup dan pertanyaan "bagaimana" dengan pertanyaan "bagaimana" kita dapat lebih teknis.

Alasan kita untuk menulis pertama ialah Orientasi Material tujuannya mengejar uang dari royalti pembicara, fee pembicara dan semacamnya. Kedua Orientasi Eksistensia tujuannya mengejar popularitas. Ketiga Orientasi Personal dengan tujuan untuk mengekspresikan diri. keempat Orientasi Sosial bertujuan untuk mempengaruhi masyarakat.  Kelima Orientasi Spiritual dengan tujuan untuk membuat masyarakat menjadi lebih baik.

Dalam dunia tulis menulis tujuan untuk meraih popularitas adalah hal yang sah sah saja. Hadits nabi mengatakan "khoirunnas amfa'uhum linnas" (sebaik-baik manusia adalah yang bermanfaat bagi manusia lain).

Ada beberapa kegiatan yang harus dilakukan untuk menjadi penulis yang baik antara lain membaca dengan banyak baca buku kita dapat jadi penulis yang baik, diskusi ini penting saat kita membaca ide orang lain, look and feel, socialize kita harus banyak bersosialisasi untuk mendapat pengetahuan dan pengalaman orang lain, 

Beberapa proses yang harus dilakukan untuk menjadi penulis:
1. Menggali ide
    Penulis harus menggali ide dan gagasan salah satu caranya dengan brainstorming.
2. Menentukan tujuan
    Setelah menggali ide penulis harus menentukkan tujuan dan target segmen pembaca.
3. Menentukan topik 
    Penulis harus menentukkan apa yan ditulis dan genre apa yang akan ditulis.
4. Membuat Outline 
    
5. Mengumpulkan Bahan

Komentar

Postingan populer dari blog ini

kartul bab 3